APEL KESIAPSIAGAAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN DAN PENGECEKAN PERALATAN DAN SIMULASI PENANGGULANGAN KARHUTLA DI WILAYAH KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2021

Screenshot (4)

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran meminpin Apel Gelar Pasukan Sarana Prasarana Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021. Bertempat di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Jl. RTA Milono No. 1 Palangka Raya, Kamis (04/03/2021).

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran Bertindak sebagai pembina Apel. Sementara bertindak sebagai komandan Apel, AKBP Arwin.

Peserta Upacara terdiri dari Polda Kalteng, Korem 102/PJG, Satpol PP Prov. Kalteng, Dinas Sosial Prov. Kalteng, Dinas Lingkungan Hidup Prov. Kalteng, Brigdalkar KPH, Manggala Agni, MPA/TSAK/BPK dan TAGANA.

H. Sugianto Sabran dalam amanatnya menyampaikan dalam pencegahan dan penanganan bencana jangan hanya sebatas pembuatan aturan tanpa aksi yang nyata, tetapi yang harus di garis bawahi adalah harus fokus pada pelaksanaan aturan dan undang-undang dalam upaya mengurangi risiko bencana itu sendiri. Pencegahan dan penanganan bencana juga harus terintegrasi mulai tingkat pusat, tingkat Provinsi sampai dengan tingkat kabupaten dan kota sehingga ego sektoral tidak terjadi.

Gubernur Kalimantan Tengah Mengatakan Provinsi Kalteng siap mengerahkan Personil sebanyak 8.312 orang, yang terdiri dari TNI, POLRI, BPBD, Dinas Kehutanan, Brigdalkar KPH, Manggala Agni, MPA/TSAK/BPK dan Tagana didukung juga dari Operasi Udara membantu penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan di provinsi kalimantan tengah tahun 2021 ini.

 

 

“Kebersamaan dalam pencegahan dan penanganan bencana harus kita jalin dengan baik dengan seluruh stakeholder, apabila ada penerapan pencegahan dan penanganan bencana yang baik dan patut dicontoh jangan sungkan untuk belajar dan menyempurnakan, agar penanganan bencana dapat kita lakukan dapat lebih baik dari waktu kewaktu”. Pungkas H. Sugianto Sabran.

Sumber : MMCKalteng
Foto : Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah