Bimbingan Teknis Perhitungan Inventarisasi Emisi

WhatsApp Image 2021-03-02 at 15.17.47

PALANGKA RAYA – Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah Bapak Vent Christway, ST membuka kegiatan Bimbingan Teknis Perhitungan Inventarisasi Emisi Pada hari ini Selasa (02/03/2021). Bimtek ini terselenggara sebagai tindak lanjut surat Direktur Pengendalian Pencemaran Udara, Dirjen PPKL, KLHK tentang Undangan Bimbingan Teknis Perhitungan Inventarisasi Emisi yang awalnya hanya di ikuti oleh DLH Provinsi Kalimantan Tengah dan DLH Kota Palangka Raya. Karena dirasa pentingnya Bimtek ini DLH Provinsi Kalimantan Tengah memfasilitasi DLH Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah melalui zoom metting untuk ikut serta mengikuti Bimtek yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai narasumber. Bimtek ini bertujuan untuk menyatukan persepsi seluruh stakeholder (kab/kota, provinsi, KLHK) dalam hal pelaksanaan kegiatan inventarisasi dan perhitungan emisi, serta pembagian tugas dan tanggung jawab antara provinsi, kab/kota, dan KLHK, serta memberikan pengenalan, keterampilan petunjuk teknis mengenai penginputan data inventarisasi emisi secara online di lingkup kabupaten/kota maupun provinsi secara benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan telah disahkannya Peraturan Pemerintah RI nomor 22 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup perlu diketahui dalam perencanaan perlindungan dan pengelolaan mutu udara perlu dilakukan kegiatan inventarisasi udara. Kegiatan Inventarisasi udara dilakukan dalam 2 (dua) tahap yaitu (1). Identifikasi sumber emisi dan/atau sumber gangguan, jenis emisi dan/atau jenis gangguan pencemar udara dan (2) Penghitungan Emisi, gangguan dan mutu udara ambien. Sehingga nantinya akan menghasilkan informasi tingkat, status, proyeksi emisi, gangguan dan mutu udara pada 14 (empat belas) Kabupaten/Kota, Provinsi Kalimantan Tengah dan nasional.

 

Peserta Bimbingan Teknis Perhitungan Inventarisasi Emisi, Selasa (02/03/2021)

Dalam sambutanya Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah berharap agar kegiatan ini benar-benar dapat diikuti dan dapat dijadikan sebagai momen yang penting bagi seluruh stakeholder dalam menghasilkan data inventarisasi emisi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga pelaksanaan perencanaan perlindungan dan pengelolaan mutu udara dapat terlaksana dengan baik dan kualitas udara di Indonesia dan Provinsi Kalimantan tengah pada khususnya selalu dalam kondisi baik. (Jukri)