PENGANUGERAHAN KETERBUKAAN INFORMASI BADAN PUBLIK TAHUN 2020

15032021120605_0

Dengan disahkannya Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) secara jelas mengatur kewajiban badan atau pejabat publik untuk memberikan akses informasi yang terbuka kepada masyarakat. Kewajiban untuk memberikan informasi, dokumen dan data diintegrasikan sebagai bagian dari fungsi birokrasi pemerintahan, diperkuat dengan sanksi• sanksi yang tegas untuk pelanggarannya. UU KIP juga mengatur klasifikasi informasi sedemikian rupa sebagai upaya untuk memberikan kepastian hukum tentang informasi-informasi yang wajib dibuka kepada publik, dan yang bisa dikecua likan dengan alasan tertentu. Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance), keterbukaan informasi publik menjadi salah satu langkah penting yang tidak dapat dipisahkan dari fungsi badan publik atau institusi pemerintahan. Atas dasar itulah pemerintah telah mengesahkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 yang membahas tentang pembentukan Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Untuk melaksanakan UU No 14 tahun 2008 tersebut, Komisi Informasi yang merupakan lembaga mandiri berfungsi menjalankan UU tersebut dan peraturan pelaksanaanya, menetapkan petunjuk teknis standart pelayanan informasi publik. Dan sebagai bentuk monotoring dan evaluasi pelayanan keterbukaan informasi publik tersebut oleh Badan Publik sesuai UU nOmor 14 tahun 2008, maka setiap badan Publik perlu diadakan pemringkatan sesuai peraturan Komisi Informasi Nomor 5 tahun 2016.

Berdasarkan hasil Pemeringkatan Monotoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik Terhadap Badan Publik di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah beradasarkan Keputusan Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 92/KEP/KI Kalteng/XII/2020, hari Senin, tanggal 15 Maret bertempat di Ruang Aula Eka Hapakat Lantai III Kantor Guberenur, bahwa Dinas Lingkungan Hidup masuk dalam 12 (Dua Belas) Kualifikasi Badan Publik Kategori Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Sebagai Peringkat III Kategori Cukup Informatif.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Bapak Fahrizal Fitri, S.Hut.,MP, beliau mengharapkan agar lebih mengepankan informasi yang baik dan benar kepada masyarakat sebagai perwujudan amanah dari UU Nomor 14 tahun 2008. Dan berharap setiap Badan Publik agar lebih giat untuk meningkatkan pelayanan informasi yang Informatif kepada masyarakat.

 

(Sumber Foto Tajuk Utama: https://mmc.kalteng.go.id/berita/read/33118/fahrizal-fitri-badan-publik-yang-belum-memenuhi-standar-kualifikasi-keterbukaan-informasi-publik-agar-segera-memperbaiki-kinerja)