Rapat Penilaian Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH) PT. Bangun Jaya Alam Permai

Picture2

PALANGKA RAYA – Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah Bapak Vent Christway, ST membuka kegiatan rapat Penilaian Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH) PT. Bangun Jaya Alam Permai yang dilaksanakan secara daring, Senin (15/2/2021)

Fokus kegiatan ini adalah melakukan evaluasi terhadap dampak kegiatan yang telah dilaksanakan serta arahan lanjutan terkait rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungannya. Selain itu juga melakukan telaahan terhadap izin Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) pada dokumen lingkungan yang telah dimiliki sebelumnya serta dampak terhadap kegiatan sekitar.

Pelaksanaan ini berdasarkan hasil verifikasi lapangan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah bersama-sama dengan unsur pemerintah daerah, yang dituangkan dalam berita acara pengawasan lingkungan hidup serta ditetapkan melalui Surat Keputusan Penerapan Sanksi Administratif Nomor 660/595/IV/DLH/2020 tanggal 23 September 2020, dimana kegiatan pemrakarsa telah berjalan sehingga diwajibkan menyusun DELH dengan ketentuan :

  1. Luas areal keseluruhan yaitu ±10.750 Ha, dimana ±9.500 Ha berada di Kabupaten Kotawaringin Barat dan ±1.250 Ha berada di Kabupaten Seruyan
  2. Telah memiliki IUP (Izin Usaha Perkebunan) dan HGU (Hak Guna Usaha)
  3. Memiliki kewajiban kriteria Amdal sebagaimana tertuang di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Nomor P.38/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2019 (Lampiran I Bagian C Bidang Pertanian, bahwa kegiatan budidaya tanaman perkebunan dengan atau tanpa unit pengolahannya dengan luas ≥2.000 Hektar).