DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Rapat Teknis Pemeriksaan Formulir Kerangka Acuan PT. Asta Wedya Bersama

Picture1222

PALANGKA RAYA – Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah Bapak Vent Christway melalui Kepala Bidang Tata Lingkungan Bapak Adiyaksa Prasidapati Rapat Teknis Pemeriksaan Formulir Kerangka Acuan Kegiatan Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Dari Hutan Tanaman PT. Asta Wedya Bersama yang dilaksanakan secara daring, Kamis (4/3/2021)

PT. Asta Wedya Bersama berencana melakukan kegiatan/usaha pemanfaatan hasil hutan kayu pada hutan tanaman industri di Kecamatan Kapuas Hulu dan Pasak Talawang, Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah dengan luas ±10.967 Hektar, yang telah mendapatkan mendapatkan konsep persetujuan IUPHHK-HTI pada Wilayah KPH Unit X-KPHP Kapuas Hulu di Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah dengan Komitmen dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor S.26/1/KLHK/2020 tanggal 21 Desember 2020.

Rencana kegiatan/usaha utama yaitu usaha pemanfaatan hasil hutan kayu pada hutan tanaman (IUPHHK-HTI) menggunakan sistem silvikultur tebang habis permudaan buatan (THPB), dengan jenis tanaman pokok yang dikembangkan adalah akasia, ekaliptus dan sengon. Sedangkan untuk kegiatan pendukung meliputi pembangunan sarana prasarana untuk melaksanakan kegiatan pengelolaan hutan, yakni base camp (kantor, gudang, bengkel, perumahan karyawan, fasilitas sosial, dan lain-lain), jalan hutan, camp kerja lapangan (job site), Tempat Pengumpulan Kayu Sementara (TPn), Tempat Pengumpulan Kayu Antara (TPK Antara/Transit), areal persemaian, dan jalan (utama, cabang, dan ranting).

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Surat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pulang Pisau Nomor 660/379/DLH/2020 tanggal 16 Desember 2020 perihal Pelimpahan Penilaian serta Surat Direktur PT. Kumay Karya Sarana Nomor 002/KKS/II/2021 tanggal 18 Februari 2021, serta Dokumen Kerangka Acuan rencana kegiatan yang telah dinilai dan disetujui sebelumnya berdasarkan keputusan Ketua KPA Provinsi Kalimantan Tengah Nomor SK.660/001/KPA-DLH/I/2021 tanggal 26 Januari 2021.

Fokus kegiatan rapat ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yaitu penilaian substansi dokumen meliputi:

  1. Kesepakatan Dampak Penting Hipotetik (DPH) yang dikaji;
  2. Kesepakatan batas wilayah studi dan batas waktu kajian;
  3. Kesepakatan metode studi; dan
  4. Lama waktu penyusunan dokumen Andal, dan dokumen RKL-RPL.

 

©2021 DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH | Powered by SuperbThemes & WordPress