DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Rapat Teknis Penilaian Dokumen Andal, RKL-RPL PT. Kumay Karya Sarana

8031f9fb-537b-46fb-8723-72f3d20539ee

PALANGKA RAYA – Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah Bapak Vent Christway, ST membuka kegiatan rapat Pemeriksaan dan Penilaian Dokumen Andal, RKL-RPL Kegiatan Pertambangan Mineral Bukan Logam Dan Batuan Komoditas Pasir Kuarsa oleh PT. Kumay Karya Sarana yang berlokasi di Desa Pamarunan, Balukon dan Bahu Palawa Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan secara daring, Jumat (26/2/2021)

Kumay Karya Sarana merupakan pelaku usaha/kegiatan bidang Pertambangan Mineral Bukan Logam Dan Batuan Komoditas Pasir Kuarsa yang telah mendapatkan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Eksplorasi dari Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 570/98/DESDM-IUPEKS/VI/DPMPTSP-2020 tanggal 9 Juni 2020.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Surat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pulang Pisau Nomor 660/379/DLH/2020 tanggal 16 Desember 2020 perihal Pelimpahan Penilaian serta Surat Direktur PT. Kumay Karya Sarana Nomor 002/KKS/II/2021 tanggal 18 Februari 2021, serta Dokumen Kerangka Acuan rencana kegiatan yang telah dinilai dan disetujui sebelumnya berdasarkan keputusan Ketua KPA Provinsi Kalimantan Tengah Nomor SK.660/001/KPA-DLH/I/2021 tanggal 26 Januari 2021.

Fokus kegiatan rapat ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yaitu penilaian substansi dokumen meliputi:

  1. Uji tahap proyek dan uji kualitas kajian dokumen Andal dan RKL-RPL
  2. Kualitas Andal dan RKL-RPL telah memenuhi persyaratan yang ditentukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan (konsistensi, keharusan, relevansi, kedalaman); dan
  3. Telahaan kelayakan atau ketidaklayakan lingkungan hidup atas rencana usaha dan/atau kegiatan yang dinilai;

Berdasarkan kesimpulan hasil rapat tersebut di atas, ada beberapa hal yang diputuskan, bahwa pemrakarsa selaku penaggungjawab usaha/kegiatan melakukan perbaikan terhadap dokumen lingkungan yang telah disusun, terutama untuk hal yang bersifat prinsip, yaitu :

  • Kesesuaian data dengan dokumen studi kelayakan (FS) yang sedang disusun, terkait dengan sumberdaya dan cadangan bahan galian, kesesuan wilayah yang dapat dilakukan penambangan, serta wilayah yang kemungkinan tidak bisa direklamasi, sehingga dapat dijadikan acuan besaran dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan.
  • Melakukan evaluasi terhadap lokasi kegiatan baik secara yang secara regulasi (aturan), maupun peta indikatif yang telah ditetapkan meliputi PIPPIB, PIAPS, TORA, serta wilayah adat yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.
  • Penundaan rapat Komisi Penilai Amdal (KPA) untuk penilaian kelayakan ataupun ketidaklayakan lingkungan hidup atas rencana usaha dan/atau kegiatan PT. Kumay Karya Sarana, dilakukan sampai dengan penyampaian perbaikan lanjutan oleh pemrakarsa sebagaimana penetapan jangka waktu perbaikan dokumen yang tertuang di dalam berita acara dan notulensi rapat teknis.
©2021 DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH | Powered by SuperbThemes & WordPress