Sekda Kalteng Melepas Keberangkatan Tim Relawan Untuk Mengevakuasi Masyarakat yang Terdampak Banjir di Kalsel

18012021101624_0

Palangka Raya Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran melepas keberangkatan tim relawan Daerah Prov. Kalteng ke Prov. Kalimantan Selatan (Kalsel), bertempat di Pusdalops BPBPK Prov. Kalteng, Minggu (17/01/2021). Tim relawan yang diberangkatkan ke Prov. Kalsel, akan membantu mengevakuasi masyarakat yang terdampak banjir.

Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Prov. Kalteng H. Darliansjah dalam laporannya menyampaikan  tim relawan yang diberangkatkan tersebut terdiri dari Relawan Muda Sugianto Sabran, TRC Pusdalops BPBPK Prov Kalteng, Relawan NU, Relawan PMI, Relawan TSAK Bukit Tunggal, Relawan MPA Sabaru, Relawan Balakar 620, Relawan Balakar 654, TNI dan Polri. Lebih lanjut H. Darliansjah menyampaikan, tim relawan yang diberangkatkan ditempatkan di dua titik posko, yakni pertama di posko yang berada di Daerah Banjar Baru dan posko yang berada di daerah Martapura.

H. Darliansjah juga mengatakan bahwa Gubernur Kalteng juga memberikan dukungan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak banjir di Prov. Tetangga Kalsel berupa paket logistik sebanyak 2.300 paket dan dukungan berupa dana kedaruratan.

Bantuan berupa paket logistik tersebut diangkut menggunakan jalur darat. Paket bantuan dari Gubernur Kalteng akan diserah terimakan kepada pihak Pemprov. Kalsel melalui BPBD yang merupakan leding sektornya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri yang menyampaikan bahwa Pemprov. Kalteng telah mengerahkan sebanyak 2 dapur umur, 2 truk tangki untuk mendistribusikan air bersih termasuk 2 truk logistik untuk membantu warga yang terdampak banjir di Prov. Kalsel.

“Yang mana jumlah paket yang kita ditribusikan kurang lebih 2.300 paket”, ucap Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri juga mengutarakan akan mengajak Kabupaten – Kabupaten yang berada diperbatasan Prov. Kalteng – Prov. Kalsel agar dapat berperan serta memberikan bantuan dan dukungannya kepada masyarakat yang terdampak banjir di Prov. Kalsel.

“Ini adalah bentuk kepedulian kita untuk membantu saudara-saudara kita di Prov. Kalsel agar bisa kembali pulih. Kita harapkan ini adalah bantuan yang mendasar supaya mereka tidak mengalami kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari”, tutup Fahrizal Fitri.

Diketahui, pada tanggal 16 Januari 2021, Gubernur Kalteng juga telah memberikan bantuan berupa logistik dan dapur umum ke pihak Pemprov. Kalsel dengan menugaskan Jajaran Dinas Sosial Prov. Kalteng, Tim dari Tagana dan dari Tim Palang Merah Indonesia Prov. Kalteng.(WDY/Foto:Doni)

 

Sumber : https://www.kalteng.go.id/berita