WORKSHOP PROKLIM, SRN,DAN SPECTRUM TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

WhatsApp Image 2021-05-28 at 13.34.37 (2)

 

Latar Belakang

Program Kampung Iklim (PROKLIM) adalah Program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim  dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan Iklim yang telah dilakukan oleh kelompok masyarakat di tingkat lokal. Pelaksanaan proklim harus terus diperkuat dan ditingkatkan efektifitas penyelenggaraanya sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan masyarakat yang berketahahanan iklim dan menerapkan pola hidup rendah Emisi Gas Rumah Kaca.

 

Tujuan Workshop

  1. Memberikan informasi dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai Program Kampung Iklim (PROKLIM) bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten/Kota Se Kalimantan Tengah
  2. Meningkatkan ketrampilan bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten/Kota se- Kalimantan Tengah dalam proses penginputan data berbasis online melalui Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI)
  3. Meningkatkan ketrampilan bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten/Kota Se Kalimantan Tengah dalam menggunakan Aplikasi SPECTRUM (Sistem Perhitungan Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca secara Cepat, Tepat dan Responsible untuk Masyarakat)

 

Peserta

Peserta Workshop diikuti oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah masing masing sebanyak 2 orang sehingga jumlah peserta yang hadir berjumlah kurang lebih 28 peserta

 

Tempat dan Tanggal Penyelenggaraan

Kegiatan Workshop dilaksanakan pada Hari kamis tanggal 27 Mei 2021 bertempat di Hotel NEO Palangka Raya

 

Pelaksanaan Kegiataan

  1. Pembukaan acara workshop mewakili Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya Dan Beracun ( Ir. Firta Maria Dese,M.B.A.)
  2. Laporan Penyelenggaraan kegiatan oleh Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan (Bpk. Johny Santoso,S.Hut., M.Agr.)
  3. Narasumber kegiatan dalam acara ini sebanyak 3 orang dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan :

    – Johny Santoso,S.Hut., M.Agr

    –  Tri Setiawan,S.Hut.,M.Ec.Dev.,M.A.

    –  Restu Dwi Atmoko,S.Hut.