DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Tugas, Fungsi dan Uraian Tugas

KEPALA DINAS

Kepala Dinas Lingkungan Hidup mempunyai tugas pokok merumuskan kebijakan,merencanakan program,melakukan koordinasi,melaksanakan pemantauan,melakukan evaluasi dan pelaporan,melakukan pembinaan di Bidang Tata Lingkungan,Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup serta Penaatan Hukum Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup.

Untuk melaksanakan tugasnya Kepala Dinas menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

            1. Pelaksanaan tugas kesekretariatan;
            2. Perumusan kebijakan di Bidang Tata Lingkungan, Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup serta Penaatan Hukum Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup.
            3. Perencanaan program di Bidang Tata Lingkungan, Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup serta Penaatan Hukum Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup.
            4. Pengoordinasian di Bidang Tata Lingkungan, Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup serta Penaatan Hukum Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup.
            5. Pelaksanaan Tata Lingkungan, Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup serta Penaatan Hukum Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup.
            6. Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan pelaksanaan Tata Lingkungan, Pengelolaan Sampah dan Limbah B3,Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup serta Penaatan Hukum Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup.

 

SEKRETARIAT

Sekretariat mempunyai tugas mengoordinasikan penyusunan program dan menyelenggarakan tugas bidang secara terpadu dan tugas pelayanan administratif serta perlengkapan, keuangan, kepegawaian, ketatausahaan, protokol, humas dan rumah tangga, organisasi, tata laksana dan analisis jabatan serta dokumentasi peraturan perundang-undangan pada Dinas Lingkungan Hidup.

Untuk melaksanakan tugasnya Sekretariat menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

            1. Penghimpunan bahan/data perencanaan dan penyusunan program lingkungan hidup serta perencanaan anggaran;
            2. Penghimpunan bahan/data penyusunan pelaporan Dinas Lingkungan Hidup;
            3. Pelaksanaan perumusan administrasi kepegawaian;
            4. Pelaksanaan urusan ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan dan aset;
            5. Pelaksanaan urusan perpustakaan, humas, organisasi, tata laksana dan analisis jabatan serta dokumentasi peraturan perundang-undangan;
            6. Pelaksanaan urusan pengelolaan/administrasi keuangan, dan kepegawaian; dan
            7. Pemantauan,pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas.

SEKRETARIAT, terdiri atas:

            1. Sub Bagian Penyusunan Program;
            2. Sub Bagian Keuangan dan Aset; dan
            3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

SUB BAGIAN PENYUSUNAN PROGRAM

Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai tugas menyusun perencanaan program dan anggaran, evaluasi dan pelaporan.

Uraian tugasnya adalah sebagai berikut:

            1. Merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran Sub Bagian Penyusunan Program berdasarkan prioritastarget sasaran yang akan dicapai sebagai pedomanpelaksanaan kegiatan;
            2. Membagi tugas kepada para bawahan Sub Bagian Penyusunan Program sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
            3. Memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan Sub Bagian Penyusunan Program baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
            4. Memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkungan Sub Bagian Penyusunan Program dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
            5. Menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan Sub Bagian Penyusunan Program berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
            6. Menyiapkan bahan-bahan untuk penyusunan program dan anggaran;
            7. Menghimpun bahan-bahan rapat koordinasi program dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah(LPPD);
            8. Menyiapkan bahan dan menyusun Rencana Strategis dan Rencana Kerja Dinas Lingkungan Hidup;
            9. Menyusun perencanaan penerapan dan pencapaian Standar Pelayanan Minimal;
            10. Menyusun pelaporan pengarus utamaan gender;
            11. Menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan(LAKIP) dan Laporan Tahunan;
            12. Melaporkan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Penyusunan Program secara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan
            13. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas kesekretariatan.Sub Bagian Keuangan dan Aset
                  1.  

SUB BAGIAN KEUANGAN DAN ASET

Sub Bagian Keuangan dan Aset mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan keuangan dan aset

Uraian tugasnya adalah sebagai berikut:

a.merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaranSub Bagian Keuangan dan Asetberdasarkan prioritastarget sasaran yang akan dicapai sebagai pedomanpelaksanaan kegiatan;

b.membagi tugas kepada para bawahanSub BagianKeuangan dan Asetsesuai dengan bidang tugasnya baiksecara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproseslebih lanjut;

c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkunganSubBagian Keuangan dan Asetbaik secara lisan maupuntertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahandalam pelaksanaan tugas;

d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSubBagian Keuangan dan Asetdengan membandingkan antarahasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaanhasil kerja;

e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSubBagian Keuangan dan Asetberdasarkan hasil kerja yangdicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatankarir;

f.menyiapkan bahan pengelolaan keuangan dan aset;

g.melaksanakan pengelolaaankeuangan dan aset;

h.menyusun pertanggung jawaban pelaksanaan keuangandan aset;

i.melakukan pembinaan bendaharawan;

j.melakukan rekonsiliasi keuangan dan aset;

k.melaksanakanpenatausahaan keuangan dan aset;

l.melaksanakan penyusunan rencana kebutuhandanpemeliharaan barang perangkat daerah;

m.melaporkan pelaksanaan kegiatanSub Bagian Keuangandan Asetsecara tertulis maupun lisan sesuai hasil yangtelah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dan

n.melaksanakan tugas lain yang diberikan olehSekretarissecaraberkala dalam rangka kelancaran pelaksanaantugaskesekretariatan.

SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

(1)Sub BagianUmum dan Kepegawaian mempunyai tugasmelaksanakanpengelolaan administrasi kepegawaian,ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan,organisasidan tatalaksana, humas dan protokol serta pengelolaaninformasi dan dokumentasi.(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja pertahun anggaranSub Bagian Umumdan Kepegawaian berdasarkan prioritastarget sasaran yang akan dicapai sebagai pedomanpelaksanaan kegiatan;b.membagi tugas kepada para bawahan Sub Bagian Umumdan Kepegawaian sesuai dengan bidang tugasnya baiksecara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproseslebih lanjut;c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan SubBagian Umum dan Kepegawaian baik secara lisan maupuntertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahandalam pelaksanaan tugas;d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSubBagian Umum dan Kepegawaiandengan membandingkanantara hasil kerja dengan petunjuk kerja untukpenyempurnaan hasil kerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSubBagianUmum dan Kepegawaianberdasarkan hasil kerjayang dicapai sebagai bahan dalampembinaan danpeningkatan karier;f.melaksanakan urusanumum dan administrasikepegawaian;g.menyelenggarakan urusan protokol dan hubunganmasyarakat padaDinasLingkungan Hidup;h.mengelolaorganisasi dan tatalaksana;i.melaksanakan penatausahaan, rumah tangga danperlengkapan;j.melaksanakan pengelolaan informasi dan dokumentasi;k.melaksanakanpemeliharaan aset;l.melaporkan pelaksanaan kegiatanSub Bagian Umum danKepegawaiansecara tertulis maupun lisan sesuai hasilyang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan;danm.melaksanakan tugas lain yang diberikan olehSekretarissecara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaantugaskesekretariatan.

Bidang Tata Lingkungan

Bidang Tata Lingkungan mempunyai tugasmelaksanakanperumusan, penyusunan, pengoordinasian danpelaksanaankebijakandi Bidang inventarisasi,RPPLH, KLHS,Kajian DampakLingkungan dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup serta kerjasamateknis.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksuddalamPasal….14,BidangTataLingkungan mempunyai tugasmenyelenggarakan fungsi:a.penginventarisasiandata dan informasi sumberdaya alam;b.pengoordinasiandan sinkronisasi pemuatan RPPLH dalamRencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP)danRencanaPembangunan Jangka Menengah (RPJM);c.penyusunandokumenRPPLH,pemantauan dan evaluasipelaksanaan RPPLH;d.penyusunandaya dukung dan daya tampung lingkunganhidup;e.pengoordinasianpenyusunan tata ruang yang berbasis dayadukung dandaya tampung lingkungan hidup;f.penyusunansinkronisasiRPPLH Nasional, Pulau/Kepulauandan Ekoregion;g.penyusunanNeraca Sumber Daya Alam Spasial danLingkungan Hidup, Status Lingkungan Hidup Daerah danIndeks Kualitas Lingkungan Hidup serta instrumen ekonomilingkungan hidup(PDB danPDRB hijau,mekanisme insentifdisinsentifdanpendanaan lingkungan hidup);h.penyusunanKajian Lingkungan Hidup Strategis Provinsi;i.pengoordinasianpenyusunan instrumen pencegahanpencemaran /atau kerusakan lingkungan hidup (Amdal, UKL-UPL, izin lingkungan, Audit LHdanAnalisis resikoLH);j.pelaksanaanpenilaian terhadap dokumen lingkungan (AMDALdan UKL/UPL);k.pelaksanaanperlindungan, pengawetan,dan pemanfaatansecara lestarisumber daya alam;l.pelaksanaanupaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim;m.penginventarisasianGas Rumah Kaca(GRK)dan penyusunanprofil emisi GRK;n.penyusunanperencanaan konservasi,kebijakan,pemanfaatanberkelanjutan,pengendalian kerusakan,pemantauan danpengawasan pelaksanaan konservasikeanekaragaman hayati;dano.pemantauan, pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaantugas.

Bidang Tata Lingkungan terdiri atas:1.Seksi Inventarisasi, RPPLHdan KLHS;2.Seksi Kajian Dampak Lingkungan; dan3.Seksi Pemeliharaan Lingkungan Hidup.

Seksi Invetarisasi, RPPLHdan KLHS

(1)Seksi Inventarisasi,RPPLHdan KLHSmempunyai tugasmelaksanakanperancangan, penyusunan, pemrosesan danpelaksanaan invetariasi data dan informasi sumberdaya alam,Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidupserta Kajian Lingkungan Hidup Strategis.(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaranSeksi Inventarisasi, RPPLH dan KLHSberdasarkan prioritastarget sasaran yang akan dicapai sebagai pedomanpelaksanaan kegiatan;b.membagi tugas kepada para bawahanSeksi Inventarisasi,RPPLHdan KLHSsesuai dengan bidang tugasnya baiksecara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproseslebih lanjut;c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkunganSeksiInventarisasi, RPPLH dan KLHSbaik secara lisan maupuntertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahandalam pelaksanaan tugas;d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSeksiInventarisasi, RPPLH dan KLHSdengan membandingkanantara hasil kerja dengan petunjuk kerja untukpenyempurnaan hasilkerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSeksiInventarisasi, RPPLH dan KLHSberdasarkan hasil kerjayang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan danpeningkatan karier;f.melakukan inventarisasi data dan informasi sumberdayaalam;g.menyiapkan bahan-bahan dan melakukan penyusunandokumen RPPLH;h.melakukan Koordinasi dan sinkronisasi pembuatan RPPLHdalamRPJP dan RPJM;i.melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan RPPLH;j.melakukan koordinasi penyusunan tata ruang yangberbasisdaya dukung dan dayatampung lingkunganhidup;k.menyusun Neraca Sumber Daya Alam Spasial danLingkungan Hidup, Status Lingkungan Hidup Daerah danIndeks Kualitas Lingkungan Hidup serta instrumenekonomi lingkungan hidup (PDB danPDRB hijau,mekanisme insentif disinsentif, pendanaan lingkunganhidup);12l.melakukansinkronisasidan sosialisasikepada pemangkukepentingan tentangRPPLHNasional, Pulau/KepulauandanEkoregion;m.melakukan penyusunandanpengesahanKajianLingkungan Hidup StrategisProvinsi;n.melaksanakan fasilitasi, pembinaan,pemantauan danevaluasiKLHS;o.melaporkan pelaksanaan kegiatanSeksi Inventarisasi,RPPLH dan KLHSsecara tertulis maupun lisan sesuai hasilyang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan;danp.melaksanakan tugas lain yang diberikan olehKepalaBidangTata Lingkungansecara berkala dalam rangka kelancaranpelaksanaan tugasBidang Tata Lingkungan.

Seksi Kajian Dampak Lingkungan

(1)SeksiKajian Dampak Lingkunganmempunyai tugasmelaksanakanperancangan, penyusunan, pemrosesan danpelaksanaaninstrumen pencegahan pencemaran dan/ataukerusakan lingkungan hidup (Amdal, UKL-UPL, izinlingkungan, Audit LH,danAnalisis resiko LH).(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaranSeksi Kajian Dampak Lingkunganberdasarkan prioritastarget sasaran yang akan dicapai sebagai pedomanpelaksanaan kegiatan;b.membagi tugas kepada para bawahanSeksi Kajian DampakLingkungansesuai dengan bidang tugasnya baik secaralisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebihlanjut;c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkunganSeksiKajian Dampak Lingkunganbaik secara lisan maupuntertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahandalam pelaksanaan tugas;d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSeksiKajian Dampak Lingkungandengan membandingkanantara hasil kerja dengan petunjuk kerja untukpenyempurnaan hasil kerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSeksiKajian Dampak Lingkunganberdasarkan hasil kerja yangdicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatankarier;f.mengoordinasikan penyusunan instrumen pencegahan,pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup(AMDAL, UKL-PL, Izin Lingkungan, Audit LingkunganHidup, Analisis Resiko LH);g.melakukan penilaian terhadap dokumen lingkungan(AMDAL dan UKL/UPL);h.melakukan pembinaan Komisi Penilai AmdalKabupaten/Kota;13i.melakukan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan IzinLingkunganj.menyusun tim kajian dokumen lingkungan hidup yangtransparan (Komisi Penilai, Tim Pakar dan Konsultan );k.melaporkan pelaksanaan kegiatanSeksiKajian DampakLingkungansecara tertulis maupun lisan sesuai hasil yangtelah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; danl.melaksanakantugas lain yang diberikan olehKepalaBidangTata Lingkungansecara berkala dalam rangkakelancaran pelaksanaan tugasBidang Tata Lingkungan.

Seksi Pemeliharaan Lingkungan Hidup

(1)SeksiPemeliharaan Lingkungan Hidup mempunyai tugasmelaksnakanperancangan, penyusunan, pemrosesan, danpelaksanaan pemeliharaan lingkungan hidup.(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaranSeksiPemeliharaan Lingkungan Hidupberdasarkanprioritas target sasaran yang akan dicapai sebagaipedoman pelaksanaan kegiatan;b.membagi tugas kepada para bawahanSeksiPemeliharaanLingkungan Hidupsesuai dengan bidang tugasnya baiksecara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproseslebih lanjut;c.memberi petunjuk kepada parabawahan lingkunganSeksiPemeliharaan Lingkungan Hidupbaik secara lisan maupuntertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahandalam pelaksanaan tugas;d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSeksiPemeliharaan Lingkungan Hidupdengan membandingkanantara hasil kerja dengan petunjuk kerja untukpenyempurnaan hasil kerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSeksiPemeliharaan Lingkungan Hidupberdasarkan hasil kerjayang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan danpeningkatan karier;f.melaksanakan perlindungan dan konservasi sumber dayaalam;g.melaksanakan pemanfaatan secara lestari sumber dayaalam;h.melaksanakan pencadangan sumber daya alam;i.melaksanakan upaya mitigasidan adaptasi perubahaniklim;j.melaksanakan inventarisasi Gas Rumah Kaca danpenyusunan profil emisi Gas Rumah Kaca;k.menyusun perencanaan konservasi keanekaragamanhayati;l.menetapkan kebijakan dan melaksanakan konservasi,pemanfaatan berkelanjutan, dan pengendalian kerusakankeanekaragaman hayati;m.melakukan pemantauandan pengawasan pelaksanaankonservasi keanekaragaman hayati;n.melaporkan pelaksanaan kegiatanSeksiPemeliharaanLingkungan Hidupsecara tertulis maupun lisan sesuaihasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagiatasan; dano.melaksanakan tugas lain yang diberikan olehKepalaBidangTata Lingkungansecara berkala dalam rangkakelancaran pelaksanaan tugasBidang Tata Lingkungan.

Bidang Pengelolaan Sampah dan LimbahB3

Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 mempunyai tugasmelaksanakanperumusan, penyusunan, pengoordinasian, danpelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sampah,pengelolaan limbah B3 dan pengembangan fasilitas teknis sertakerjasama teknis.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat(1),Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 melaksanakanfungsi.:a.perumusankebijakan pengelolaan sampah di Provinsi;b.penetapantarget pengurangan dan penanganan sampahdanprioritas jenis sampah untuk setiap kurun waktutertentu;c.pengoordinasianpelaksanaan pengumpulan, pemilahan,penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan, danpemrosesan akhir sampah diTempat PemrosesanAkhir (TPA)/Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST)Regional;d.pengoordinasianpengangkutan pengolahan dan pemrosesanakhir bila terjadi kondisi khusus (bencana alam/nonalam atauperselisihan pengelolaan sampah antarKabupaten/kota);e.penyusunankebijakan perizinan pengumpulan danpengangkutan limbah B3 (pengajuan, perpanjangan,perubahan dan pencabutan);f.pemrosesanperizinan bagi pengumpul limbah B3;g.pemrosesanperizinan pengangkutan Limbah B3menggunakanalat angkut roda 3 (tiga) dilakukan lintaskabupaten/kotadalam wilayah provinsi;h.pemrosesanperizinan penimbunan Limbah B3dilakukanlintas kabupaten/kota dalam wilayah provinsi;i.pemantauan dan pengawasan terhadap pengolahan,pemanfaatan, pengangkutan dan penimbunan limbah B3;j.penyediaansarana danprasaranapengolahan sampah danlimbah B3;k.penyusunanperencanaan dan pembangunan TPA/TPSTRegional;l.penetapanstasiun peralihan antara (intermediatetransferfacility) dan alat angkut untuk pengangkutandan pengolahansampah lintas kabupaten/kota dalamsatu provinsi atau atasusulan dari kabupaten/Kota;m.pelaksanaanfasilitasi pengembangan teknologi pengelolaansampah dan limbahB3; dann.pelaksanaaninvestasi dalam usaha pengelolaansampah danlimbah B3.o.pemantauan, pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaantugas.

Bidang Pengelolaan Sampah dan LimbahBahan Berbahaya danBeracun (B3)terdiri atas:1.SeksiPengelolaan Sampah;2.Seksi Pengelolaan Limbah B3; dan3.Seksi Pengembangan Fasilitas Teknis.

Seksi Pengelolaan Sampah

(1)Seksi Pengelolaan Sampahmempunyai tugasmelaksanakanperancangan, penyusunan, pemrosesan dan pelaksanaanpengelolaan sampah.(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaranSeksiPengelolaan Sampahberdasarkan prioritas targetsasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaankegiatan;b.membagi tugas kepada para bawahanSeksiPengelolaanSampahsesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisanmaupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkunganSeksiPengelolaan Sampahbaik secara lisan maupun tertulisuntuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalampelaksanaan tugas;d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSeksiPengelolaan Sampahdengan membandingkan antara hasilkerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasilkerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSeksiPengelolaan Sampahberdasarkan hasil kerja yang dicapaisebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;f.menyusun perumusan kebijakan pengelolaan sampah diProvinsi;g.menetapkan target pengurangan dan penanganansampahdan prioritas jenis sampah untuk setiapkurun waktutertentu;h.mengoordinasikan pelaksanaan pengumpulan, pemilahan,penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan,danpemrosesan akhirsampah di TPA/TPST regional;i.mengoordinasikan pengangkutan,pengolahan danpemrosesan akhirbila terjadi kondisi khusus(bencanaalam/non alam atau perselisihanpengelolaan sampahantar Kabupaten/Kota);j.melaporkan pelaksanaan kegiatanSeksiPengelolaanSampahsecara tertulis maupun lisan sesuai hasil yangtelah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; dank.melaksanakantugas lain yang diberikan olehKepalaBidangPengelolaan Sampah dan Limbah B3secaraberkaladalam rangka kelancaran pelaksanaan tugasBidangPengelolaan Sampah dan Limbah B3.

Seksi Pengelolaan LimbahB3

(1)Seksi Pengelolaan Limbah B3mempunyai tugasmelaksanakanperancangan, penyusunan, pemprosesan dan pelaksanaanpengelolaan LimbahB3.(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaranSeksi Pengelolaan Limbah B3berdasarkan prioritas targetsasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaankegiatan;b.membagi tugas kepada para bawahanSeksi PengelolaanLimbahB3sesuai dengan bidang tugasnya baik secaralisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebihlanjut;c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkunganSeksiPengembangan Fasilitas Teknisbaik secara lisan maupuntertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahandalam pelaksanaan tugas;d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSeksiPengelolaan LimbahB3dengan membandingkan antarahasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaanhasil kerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSeksiPengelolaan LimbahB3berdasarkan hasil kerja yangdicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatankarier;f.menyusun kebijakan perizinan pengumpulan danpengangkutan limbah B3 (pengajuan, perpanjangan,perubahan dan pencabutan);g.memproses perizinan bagi pengumpul limbah B3;h.memproses perizinan pengangkutan LimbahB3menggunakan alat angkut roda 3 (tiga) dilakukanlintaskabupaten/kota dalam wilayah provinsi;i.memproses perizinan Penimbunan Limbah B3dilakukanlintas kabupaten/kota dalam wilayahprovinsi;melaksanakan Pemantauan dan pengawasan terhadappengolahan,pemanfaatan, pengangkutan dan penimbunanlimbahB3;j.memfasilitasi pengembangan teknologi pengelolaandaninvestasi dalam usaha pengelolaan sampah dan limbah B3;k.melaporkan pelaksanaan kegiatanSeksi PengelolaanLimbahB3secara tertulis maupun lisan sesuaihasil yangtelah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan; danl.melaksanakantugas lain yang diberikan olehKepalaBidangPengelolaan Sampah dan Limbah B3secara berkaladalam rangka kelancaran pelaksanaan tugasBidangPengelolaan Sampah dan Limbah B3.

Seksi Pengembangan Fasilitas Teknis

(1)Seksi Pengembangan Fasilitas Teknismempunyai tugasmelaksanakanperancangan, penyusunan, pemrosesan danpelaksanaan pengembangan fasilitas teknis persampahan danpengelolan limbahB3.(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaranSeksi Pengembangan Fasilitas Teknisberdasarkan prioritastarget sasaran yang akan dicapai sebagai pedomanpelaksanaan kegiatan;b.membagi tugas kepada para bawahanSeksi PengembanganFasilitas Teknissesuai dengan bidang tugasnya baik secaralisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebihlanjut;c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkunganSeksiPengembangan Fasilitas Teknisbaik secara lisan maupuntertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahandalam pelaksanaan tugas;d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSeksiPengembangan Fasilitas Teknisdengan membandingkanantara hasil kerja dengan petunjuk kerja untukpenyempurnaanhasil kerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSeksiPengembangan Fasilitas Teknisberdasarkan hasil kerjayang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan danpeningkatan karier;f.menyusun perencanaan sarana dan prasarana pengolahansampah dan limbahB3;g.menyusun dan merancang pembangunan TPA/TPSTregional;h.melakukan penetapan stasiun peralihan antara(intermediatetransfer facility) dan alat angkut untukpengangkutandan pengolahan sampah lintaskabupaten/kotadalam satu provinsi atau atas usulan dariKabupaten/Kota;i.menyusun, merancang pengembangandan investasiteknologi pengelolaan sampah danlimbah B3;j.melaporkan pelaksanaan kegiatanSeksi PengembanganFasilitas Teknissecara tertulis maupun lisan sesuai hasilyang telah dicapai sebagai bahan informasi bagi atasan;dank.melaksanakan tugas lain yang diberikan olehKepalaBidangPengelolaan Sampah dan Limbah B3secara berkaladalam rangka kelancaran pelaksanaan tugasBidangPengelolaan Sampah dan Limbah B3.

Bidang Pengendalian Pencemaran danKerusakan Lingkungan

Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkunganmempunyai tugasmelaksanakanperumusan, penyusunan,pengoordinasian, dan pelaksanaan kebijakan di bidangpengendalian pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan lintasdaerah kabupaten/kota serta kerjasama teknis.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksuddalamPasal…26,BidangPengendalian Pencemaran dan KerusakanLingkungan Hidup melaksanakanfungsi:a.perumusandan merencanakan pelaksanaan pemantauankualitas lingkungan hidup;b.penyusunandan menetapkan baku mutu lingkungan,bakubaku mutu sumber pencemarandan baku kerusakanlingkungan;c.pengoordinasiandan melaksanakan pelaksanaan pemantauansumber pencemar institusi dannon institusi;d.pengoordinasianpelaksanaan penanggulangan pencemaransumberpencemar institusi dan non institusi;e.perumusandan mengoordinasikan pelaksanaan pemulihanpencemaran dan kerusakan lingkungan sumber pencemarinstitusi dan non institusi;f.pengembangansistem informasikondisi, potensi dampakdanpemberian peringatan akan pencemaran dan/ataukerusakanlingkungan hidup kepada masyarakat;g.perumusankebijakan dan melakukan pembinaan terhadapsumberpencemar institusi dan non institusi;h.pengoordinasianpelaksanaan pembinaantindaklanjutrekomendasi hasilevaluasi sumber pencemar institusi dan noninstitusi;i.perencanaandan mengoordinasikan pelaksanaan pemantauankerusakan lingkungan;j.pengoordinasianpelaksanaan penanggulangan (pemberianinformasi,pengisolasian serta penghentian) kerusakanlingkungan;k.pengoordinasianpelaksanaan pemulihan (pembersihan,remediasi,rehabilitasi dan restorasi) kerusakan lingkungan;danl.pemantauan, pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaantugas.

Bidang Pengendalian Pencemarandan Kerusakan Lingkungan,terdiri atas:1.Seksi Pemantauan Kualitas Lingkungan;2.Seksi Pengendalian Pencemaran Lingkungan; dan3.Seksi Pengendalian Kerusakan Lingkungan.

Seksi Pemantauan Kualitas Lingkungan

(1)Seksi Pemantauan Kualitas Lingkunganmempunyai tugasmelaksanakanperancangan, penyusunan, pemrosesan danpelaksanaan pemantauan kualitas lingkungan hidup.(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaranSeksi PemantauanKualitas Lingkunganberdasarkanprioritas target sasaran yang akan dicapai sebagaipedoman pelaksanaan kegiatan;b.membagi tugas kepada para bawahanSeksi PemantauanKualitas Lingkungansesuai dengan bidang tugasnya baiksecara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproseslebih lanjut;c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkunganSeksiPemantauan Kualitas Lingkunganbaik secara lisanmaupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dankesalahan dalam pelaksanaan tugas;d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSeksiPemantauan Kualitas Lingkungandengan membandingkanantara hasil kerja dengan petunjuk kerja untukpenyempurnaan hasil kerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSeksiPemantauan Kualitas Lingkunganberdasarkan hasil kerjayang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan danpeningkatan karier;f.melaksanakan pemantauan kualitas air, udara dan tanah.g.melaksanakan pemantauan kualitas pesisir dan lauth.menyusun baku mutu lingkungan;i.melaporkan pelaksanaan kegiatanSeksi PemantauanKualitas Lingkungansecara tertulis maupun lisan sesuaihasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagiatasan; danj.melaksanakantugas lain yang diberikan olehKepalaBidang Pengendalian Pencemarandan KerusakanLingkungansecara berkala dalam rangkakelancaranpelaksanaan tugasBidang Pengendalian Pencemaran danKerusakan Lingkungan.

Seksi Pengendalian Pencemaran Lingkungan

(1)Seksi Pengendalian Pencemaran Lingkunganmempunyai tugasmelaksanakanperancangan, penyusunan, pemrosesandanpelaksanaan pengendalian pencemaran lingkungan.(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaranSeksi Pengendalian Pencemaran Lingkunganberdasarkanprioritas target sasaran yang akan dicapai sebagaipedoman pelaksanaan kegiatan;b.membagi tugas kepada para bawahanSeksi PengendalianPencemaran Lingkungansesuai dengan bidang tugasnyabaik secara lisan maupun tertulis agar tugas segeradiproses lebih lanjut;c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkunganSeksiPengendalian Pencemaran Lingkunganbaik secara lisanmaupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dankesalahan dalam pelaksanaan tugas;d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSeksiPengendalian Pencemaran Lingkungandenganmembandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerjauntuk penyempurnaan hasil kerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSeksiPengendalian Pencemaran Lingkunganberdasarkan hasilkerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaandanpeningkatan karier;f.melaksanakan pemantauan sumber pencemar institusidannon institusi;g.melaksanakan penanggulangan pencemaran (pemberianinformasi, pengisolasian sertapenghentian) sumberpencemar institusi dan noninstitusi;h.melaksanakan pemulihanpencemaran (pembersihan,remidiasi, rehabilitasi dan restorasi) sumberpencemaraninstitusi dan non institusi;i.menetapkan baku mutu sumber pencemaran;j.menyusun dan melaksanakan sistem informasi kondisi,potensidampak dan pemberian peringatan akanpencemaranatau kerusakan lingkungan hidup kepadamasyarakat;k.menyusun,membina dantindaklanjut rekomendasihasilevaluasiterhadap sumber pencemarinstitusi dan noninstitusi;l.melaporkan pelaksanaan kegiatanSeksi PengendalianPencemaran Lingkungansecara tertulis maupun lisansesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasibagi atasan; danm.melaksanakantugas lain yang diberikan olehKepalaBidangPengendalian Pencemarandan KerusakanLingkungansecara berkala dalam rangka kelancaranpelaksanaan tugasBidang Pengendalian Pencemaran danKerusakan Lingkungan

Seksi Pengendalian Kerusakan Lingkungan

1)Seksi Pengendalian Kerusakan Lingkungan mempunyai tugasmelaksankanperancangan, penyusunan, pemrosesan danpelaksanaan pengendalian kerusakan lingkungan.(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja per tahunanggaranSeksi Pengendalian Kerusakan Lingkunganberdasarkanprioritas target sasaran yang akan dicapai sebagaipedoman pelaksanaan kegiatan;b.membagi tugas kepada para bawahanSeksi PengendalianKerusakan Lingkungansesuai dengan bidang tugasnyabaik secara lisan maupun tertulis agar tugas segeradiproses lebih lanjut;c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkunganSeksiPengendalian Kerusakan Lingkunganbaik secara lisanmaupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dankesalahan dalam pelaksanaan tugas;d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSeksiPengendalian Kerusakan Lingkungandenganmembandingkan antara hasilkerja dengan petunjuk kerjauntuk penyempurnaan hasil kerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSeksiPengendalian Kerusakan Lingkunganberdasarkan hasilkerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan danpeningkatan karier;f.menetapkan kriteria baku kerusakan lingkungan(kerusakan lahan, ekosistem gambut,danau, sungai,pesisir dan laut);g.melaksanakanpemantauan kerusakan lingkungan(kerusakan lahan, ekosistem gambut,danau, sungai,pesisir dan laut);h.melaksanakan penanggulangan (pemberian informasi,pengisolasian serta penghentian) kerusakanlingkungan;i.melaksanakan pemulihan (pembersihan, remediasi,rehabilitasi dan restorasi) kerusakan lingkungan;j.melaporkan pelaksanaan kegiatanSeksi PengendalianKerusakan Lingkungansecara tertulis maupun lisan sesuaihasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagiatasan; dank.melaksanakan tugas lain yang diberikanolehKepalaBidangPengendalian Pencemarandan KerusakanLingkungansecara berkala dalam rangka kelancaranpelaksanaan tugasBidang Pengendalian PencemarandanKerusakan Lingkungan.

Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup

Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidupmempunyai tugas pokok dan fungsi perumusan, penyusunan,pengoordinasian, dan pelaksanaan kebijakan di bidang penaatandan penegakan hukum lingkungan, peningkatan kapasitaslingkungan hidup, dan pengembangan informasi lingkungan sertakerjasama teknis.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalamPasal…32,BidangPenaatan dan Peningkatan KapasitasLingkungan Hidup melaksanakanfungsi:a.perumusandan sosialisasi kebijakan pelayanan pengaduan,penyelesaian pengaduan masyarakat dan sengketa lingkungan;b.perumusandan melaksanakan penelaahan dan verifikasisertapenyusunan rekomendasi hasil tindak lanjut pengaduan;c.pengoordinasiandan melaksanakan penyelesaian sengketalingkungan baik di luar pengadilanmaupun melaluipengadilan;d.pengoordinasiandan melaksanakan penegakan hukum ataspelanggaran PerlindungandanPengelolaan Lingkungan Hidup;e.pengoordinasianpelaksanaan pengawasan olehPejabatPengawas Lingkungan Hidup Daerah (PPLHD)dan penegakanhukum olehPenyidik Aparatur Sipil Negara (PASN)Lingkungan Hidup terhadap penerima izin lingkungan dan izinperlindungan dan pengelolaan lingkungan;f.penyusunankebijakandan melaksanakan pengawasanterhadap usaha danatau kegiatan yang memiliki izinlingkungan dan izinperlindungan dan pengelolaan lingkungan;g.pengawasan terhadap Petugas Pengawas LingkunganHidupDaerah;h.perumusandan melaksanakan kebijakan pengakuankeberadaanmasyarakat hukum adat, kearifan lokal ataupengetahuan tradisional dan hak kearifan lokal ataupengetahuan tradisional dan hak MasyarakatHukumAdat(MHA)terkait denganPerlindungan dan PengelolaanLingkungan Hidup;i.pengoordinasianpelaksanan identifikasi, verifikasi dan validasiserta penetapanpengakuan keberadaan masyarakathukumadat, kearifan lokal atau pengetahuan tradisionaldan hakkearifan lokal atau pengetahuan tradisional danhakMasyarakatHukumAdat (MHA),terkait dengan Perlindungandan PengelolaanLingkungan Hidup;j.perumusankebijakan dan menetapkan tanah ulayat yangmerupakan wilayahMasyarakatHukumAdat (MHA), kearifanlokal atau pengetahuan tradisional danhak kearifan lokal ataupengetahuan tradisional dan hakMasyarakatHukumAdat(MHA),terkait dengan Perlindungan dan PengelolaanLingkungan Hidup;k.perumusankebijakan dan melaksanakan peningkatankapasitasMasyarakatHukumAdat (MHA), kearifan lokal ataupengetahuan tradisional terkait PPLH;l.perumusandan menyiapkanmodel peningkatan kapasitas danpeningkatan kerjasamaMasyarakatHukumAdat (MHA),kearifan lokal atau pengetahuantradisional terkait PPLH;m.perumusandan mengoordinasikan pelaksanaan kemitraan danpenyediaan informasi lingkungan hidup.n.perumusankebijakan pengelolaan, publikasi dan dokumentasidata dan informasi lingkungan;o.perumusankebijakan dan melaksanakan pendidikan,pelatihan dan penyuluhan lingkungan hidup;p.menyusun kebijakan, mengembangkan dan melaksanakanpemberian penghargaan di bidang lingkungan hidup;danq.pemantauan, pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaantugas

Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidupterdiri atas:1.Seksi Penyelesaian Sengketa Lingkungan dan PenegakanHukum Lingkungan;2.SeksiKemitraandan Informasi Lingkungan; dan3.Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup.

Seksi Penyelesaian Sengketa Lingkungan danPenegakan Hukum Lingkungan

(1)Seksi Penyelesaian Sengketa Lingkungan dan PenegakanHukum Lingkungan mempunyai tugasmelaksanakanperancangan, penyusunan, pemrosesan dan pelaksanaanPenyelesaian SengketaLingkungan dan Penegakan HukumLingkungan.(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaranSeksi Penyelesaian Sengketa Lingkungan dan PenegakanHukum Lingkunganberdasarkan prioritas target sasaranyang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;b.membagi tugas kepada para bawahanSeksi PenyelesaianSengketa Lingkungan dan Penegakan Hukum Lingkungansesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupuntertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkunganSeksiPenyelesaian Sengketa Lingkungan dan Penegakan HukumLingkunganbaik secara lisan maupun tertulis untukmenghindari penyimpangan dan kesalahan dalampelaksanaan tugas;d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSeksiPenyelesaian Sengketa Lingkungan dan Penegakan HukumLingkungandengan membandingkan antara hasil kerjadengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSeksiPenyelesaian Sengketa Lingkungan dan Penegakan HukumLingkunganberdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagaibahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;f.menyusun kebijakan tentang tata cara pelayananpengaduan dan penyelesaian pengaduan masyarakat;g.memfasilitasi penerimaan pengaduan atas usaha ataukegiatan yang tidak sesuai dengan izin PerlindungandanPengelolaan Lingkungan Hidup,penelaahan dan verifikasiataspengaduanserta menyusun rekomendasi tindaklanjuthasil verifikasipengaduan;h.melaksanakansosialisasi tata cara pengaduan,bimbinganteknis, monitoring danpelaporan atas hasil tindak lanjutpengaduan;i.memfasilitasipenyelesaian sengketa lingkungan baik diluarpengadilan maupun melalui pengadilan;j.mengoordinasikan pelaksanaan pengembangan sisteminformasi penerimaanpengaduan masyarakat atas usahaatau kegiatanyang tidak sesuai dengan izin PerlindungandanPengelolaan Lingkungan Hidup;k.melaksanakan penelaahan dan verifikasi serta penyusunanrekomendasi hasil tindak lanjut pengaduan;l.mengoordinasikan dan melaksanakan penegakan hukumatas pelanggaran Perlindungan danPengelolaanLingkungan Hidup;m.mengoordinasikan pengawasan olehPejabat PengawasLingkungan Hidup Daerah (PPLHD)dan penegakan hukumolehPenyidik Aparatur Sipil Negara (PASN)LingkunganHidup terhadap penerima izin lingkungan dan izinperlindungan dan pengelolaan lingkungan;n.melaksanakan kebijakan pengawasan terhadap usaha danatau kegiatan yang memiliki izin lingkungan,izinperlindungan,pengelolaan lingkungandanPejabatPengawas Lingkungan Hidup Daerah;o.melaporkan pelaksanaan kegiatanSeksi PenyelesaianSengketa Lingkungan dan Penegakan Hukum Lingkungansecara tertulis maupun lisan sesuai hasil yang telah dicapaisebagai bahan informasi bagi atasan; danp.melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KepalaBidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas LingkunganHidupsecara berkala dalam rangka kelancaranpelaksanaan tugasBidang Penaatan dan PeningkatanKapasitas Lingkungan Hidup

Seksi Kemitraan dan Informasi Lingkungan

(1)Seksi Kemitraan dan Informasi Lingkunganmempunyai tugasmelaksanakanperancangan, penyusunan, pemrosesan danpelaksanaan kemitraan serta penyediaan data dan informasilingkungan hidup.(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaranSeksi Kemitraan dan Informasi Lingkunganberdasarkanprioritas targetsasaran yang akan dicapai sebagaipedoman pelaksanaan kegiatan;b.membagi tugas kepada para bawahanSeksi Kemitraan danInformasi Lingkungansesuai dengan bidang tugasnya baiksecara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproseslebih lanjut;c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkunganSeksiKemitraan dan Informasi Lingkunganbaik secara lisanmaupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dankesalahan dalam pelaksanaan tugas d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSeksiKemitraan dan Informasi Lingkungandenganmembandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerjauntuk penyempurnaan hasil kerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSeksiKemitraan dan Informasi Lingkunganberdasarkan hasilkerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan danpeningkatan karier;f.merancang dan menyusun rencana program dan kegiatankemitraan di bidang lingkungan hidup dengan lembagapemerintah, swasta dan swadaya masyarakat;g.melaksanakan kemitraan bidang lingkungan hidup;h.menyusun pengembangan instrumen sistem informasilingkungan;i.mengelola,mempublikasikan dan mendokumentasikandata dan informasi lingkungan;j.melaporkan pelaksanaan kegiatanSeksi Kemitraan danInformasi Lingkungansecara tertulis maupun lisan sesuaihasil yang telah dicapai sebagai bahan informasi bagiatasan; dank.melaksanakan tugas lain yang diberikan olehKepalaBidangPenaatan dan Peningkatan Kapasitas LingkunganHidupsecara berkala dalam rangka kelancaranpelaksanaan tugasBidang Penaatan dan PeningkatanKapasitas LingkunganHidup.

Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup

(1)Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidupmempunyaitugasmelaksanakanperancangan, penyusunan, pemrosesandan pelaksanaanpeningkatan kapasitas lingkungan hidup.(2)Uraian tugassebagaimana dimaksudpada ayat (1) sebagaiberikut:a.merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaranSeksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidupberdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapaisebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;b.membagitugas kepada para bawahanSeksi PeningkatanKapasitas Lingkungan Hidupsesuai dengan bidangtugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugassegera diproses lebih lanjut;c.memberi petunjuk kepada para bawahan lingkunganSeksiPeningkatan Kapasitas Lingkungan Hidupbaik secara lisanmaupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dankesalahan dalam pelaksanaan tugas;d.memeriksa hasil pekerjaan para bawahan lingkunganSeksiPeningkatan Kapasitas Lingkungan Hidupdenganmembandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerjauntuk penyempurnaan hasil kerja;e.menilai prestasi kerja para bawahan lingkunganSeksiPeningkatan Kapasitas Lingkungan Hidupberdasarkanhasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaandan peningkatan karier;f.melaksanakan kebijakan pengakuan keberadaanmasyarakat hukum adat, kearifan lokal atau pengetahuantradisional dan hak kearifan lokal atau pengetahuantradisional dan hakMasyarakat Hukum Adat (MHA)terkaitdengan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup;g.melaksanakan identifikasi, verifikasi dan validasi sertapenetapan pengakuan keberadaan masyarakat hukumadat, kearifan lokal atau pengetahuan tradisional dan hakkearifan lokal atau pengetahuan tradisional danMasyarakat Hukum Adat (MHA),terkait denganPerlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup;h.menetapkan tanah ulayat yang merupakan wilayahMasyarakat Hukum Adat (MHA), kearifan lokal ataupengetahuan tradisional dan hak kearifan lokal ataupengetahuan tradisional dan hakMasyarakat Hukum Adat(MHA),terkait denganPerlindungan dan PengelolaanLingkungan Hidup;i.melaksanakan peningkatan kapasitasMasyarakat HukumAdat (MHA), kearifan lokal atau pengetahuantradisionalterkaitPengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup(PPLH);j.menyiapkan model peningkatan kapasitas dan peningkatankerjasamaMasyarakat Hukum Adat (MHA), kearifan lokalatau pengetahuan tradisionalterkait PPLH;k.melaksanakan pendidikan, pelatihan dan penyuluhanlingkungan hidup;l.mengembangkan dan melaksanakan pemberianpenghargaan di bidang lingkungan hidup;m.melaporkan pelaksanaan kegiatanSeksi PeningkatanKapasitas Lingkungan Hidupsecara tertulis maupun lisansesuai hasil yang telah dicapai sebagai bahan informasibagi atasan; dann.melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KepalaBidangPenaatan dan Peningkatan Kapasitas LingkunganHidupsecara berkala dalam rangka kelancaranpelaksanaan tugasBidang Penaatan dan PeningkatanKapasitas Lingkungan Hidup.

 

 

©2021 DINAS LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI KALIMANTAN TENGAH | Powered by SuperbThemes & WordPress